Info harga bata ringan Surabaya. Ketika membangun rumah, ada berbagai macam material yang kita butuhkan. Bata adalah salah satu bahan material yang punya fungsi sangat penting. Fungsinya adalah untuk membuat tembok atau dinding bangunan.

Sekarang sudah ada yang namanya bata ringan, sebagai jenis bata yang punya banyak kelebihan dari jenis lain. Harga bata ringan Surabaya dan sekitarnya juga terjangkau. Oleh karena itu, banyak masyarakat beralih menggunakan bata ringan.

Sejarah Bata Ringan

Sejarah Bata Ringan

Sebelum ada bata ringan, orang-orang menggunakan bata merah untuk membuat bangunan seperti rumah atau gedung. Bata ringan mempunya berat jenis yang lebih ringan dari bata biasa. Meskipun ringan, namun jenis bata ini sangat kuat.

Sebenarnya, sejak kapan orang-orang mulai menggunakan bata ringan sebagai material bangunan? Penggunaan bata ringan mulai berkembang pada pertengahan tahun 1920-an.

Dr. Johan Axel Eriksson bekerjasama dengan Profesor Henrik Kreuger menyempurnakan jenis bata ini menjadi konstruksi yang lebih baik.

Pada tahun 1943, seorang warga Jerman bernama Josef Hebel memproduksi bata ringan dalam skala cukup besar. Bata ringan Hebel kemudian menjadi merek terkenal.

Bahkan, banyak orang menyebut bata ringan dengan nama Herbel. Padahal, Herbel bukan nama bata ringan, tetapi merk perusahaan yang memproduksi bata ringan.

Masyarakat awam, khususnya di Indonesia, sampai saat ini masih menyebut bata ringan sebagai Hebel. Kalau melihat sejarah bata ringan di Indonesia, orang sudah mulai menggunakan bata ringan sekitar tahun 1995.

Saat itu, cukup banyak yang menggunakannya untuk konstruksi bangunan. Namun, harga bata ringan Surabaya yang masih cukup mahal dan stoknya terbatas, membuat masyarakat lebih banyak menggunakan bata merah.

Bahan Baku Pembuatan Bata Ringan

Bahan Baku Pembuatan Bata Ringan

Bata ringan mempunyai tekstur permukaan yang rata, halus dan beratnya ringan. Hal ini karena bahan pembuatannya menggunakan campuran semen, pasir silica, pasir kuarsa, alumunium pasta, gypsum, dan kapur.

Dari beberapa bahan campuran tersebut, maka terbentuklah sebuah beton ringan berjenis AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Dengan kata lain beton ringan yang biasa kontraktor pakai merupakan beton ringan jenis AAC.

Proses pembuatan bata ringan sesuai dengan standar dari yang ditetapkan oleh DIN dari Jerman. Karena itulah, bata ringan kualitas berada jauh di atas bata merah.

Kami juga jual semen mortar sebagai salah satu produk unggulan dan sudah dipercaya ribuan pelanggan di produk unggulan kami satu ini.

Fungsi Utama Bata Ringan

Fungsi Utama Bata Ringan

Bata ringan memiliki fungsi utama yaitu sebagai bahan bangunan yang bisa menahan beban berat bangunan, sebagai pengedap suara, tahan air, dan menahan tingkat laju perpindahan suhu. Bata ringan terbukti meningkatkan kualitas konstruksi bangunan menjadi lebih kokoh namun ringan.

Kelebihan Bata Ringan

Kelebihan Bata Ringan

Sekarang semakin banyak kontraktor, pekerja, arsitek, dan mengembah yang menggunakan bata ringan. Mereka menilai bahwa bata ringan mempunyai kualitas yang lebih bagus dari jenis bata lainnya.

Ada beberapa keunggulan menggunakan bata ringan. Anda sebaiknya mengetahui keunggulan dari bata terbaik ini, sebelum memutuskan membelinya, berikut keunggulan-keunggulannya.

1. Kuat

Bata ringan mempunya struktur yang kuat, sehingga mampu menopang berat bangunan. Apabila ingin membangun rumah tahan gempa, kami sangat menyarankan agar Anda sebaiknya menggunakan bata jenis ini.

Bata ini menggunakan bahan beton ringan jenis AAC yang membuat bangunan kuat ketika sedang terjadi gempa.

Bata ringan juga sangat direkomendasikan untuk rumah lebih dari 1 lantai. Dibanding dengan bata biasa, pemakaian bata ringan dinilai lebih kuat. Jadi, lebih baik Anda menggunakan bata berbahan beton ringan AAc ini untuk membuat rumat berlantai 2 atau lebih.

2. Ringan

Selain kuat, bata jenis ini terkenal karena beratnya yang ringan. Secara umum, ukuran bata ringan adalah 60 cm x 20 cm, dengan ukuran tebal di kisaran 7 hingga 15 cm, tebal bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Dan, beratnya hanya sekitar 530 kg/m3, menjadikan material ini sebagai bata paling ringan berat jenisnya.

Keuntungan menggunakan bata ringan adalah dapat meningkatkan produktivitas pekerja. Pekerjaan membangun tembok lebih cepat selesai. Berbeda jika pekerjaan memasang bata merah yang memakan waktu cukup lema untuk menyelesaikannya.

3. Bisa Pakai Plesteran Dinding atau Tidak

Jika menggunakan bata ringan sebagai bahan dinding rumah, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih; bisa diplester atau tidak perlu diplester.

Teksturnya yang halus membuat Anda tidak harus memplester dinding yang berbata ringan.

Dinding rumah bata ringan tetap kelihatan rapi dan enak secara tampilan visual meskipun tidak diplester. Tetapi, jika Anda menginginkan tampilan dinding yang lebih estetik, bisa juga memplesternya.

Dinding yang diplester akan melindungi material dinding dan menjaganya agar lebih awet. Selain itu, plester dinding juga bisa melindungi lapisan dinding dari air hujan dan cuaca buruk.

Pada akhirnya, keputusan dari Anda-lah akan memplester dinding atau tidak. Tidak masalah apabila tidak langsung memplesternya karena keterbatasan dana, atau hal lainnya. Tampilan dinding tetap indah dan terlihat bagus, meskipun bata ringan belum diplester.

4. Pemasangan Cepat Selesai

Setiap orang pasti ingin agar pekerjaannya cepat selesai. Demikian juga ketika Anda sedang membangun hunian. Pasti mengharapkan pengerjaan yang cepat namun tetap berkualitas.

Dengan menggunakan bata ringan, pekerjaan membangun rumah dapat selesai dengan cepat.

Pemasangan bata ringan sangat cepat karena pekerja bisa menggunakan perekat instan atau mortar. Mortar dapat melakukan pemasangan dengan cepat dan tepat. Waktu pengerjaan pun menjadi lebih cepat dan efisien. Bila pekerjaan cepat selesai, maka bisa menghemat biaya.

Faktor ukuran juga mempengaruhi kecepatan pemasangan. Ukurannya yang cukup besar dari bata biasa atau bata merah, membuat tukang lebih mudah memasangnya.

Bata biasa yang ukurannya lebih kecil justru membuat waktu pemasangan menjadi lebih lama. Bata ringan memiliki ukuran 60 cm x 20 cm, dengan ketebalan bermacam-macam mulai 7 cm hingga 15 cm. Ukuran yang cukup besar membuat pemasangan bata menjadi lebih cepat.

5. Transportasi Angkut Mudah dan Cepat

Berat jenisnya yang ringan membuat proses pemuatan dan pengangkutan dari toko material menuju lokasi menjadi mudah dan cepat.

Terkadang proses memuat hingga mengantar material memerlukan waktu cukup lama. Tapi tidak jika Anda membeli bata ringan untuk material bangunan.

6. Ukuran Lebih Akurat

Dilihat dari ukurannya, bata ringan tidak jauh berbeda dengan batako. Tetapi cara mencetak kedua material bangunan tersebut tidak sama.

Pengrajin mencetak batako satu persatu menggunakan alat cetak khusus.

Sedangkan, bata ringan dibuat dalam ukuran besar. Bata ringan kemudian dipotongan menggunakan mesin potong khusus, sehingga ukurannya antara satu dengan yang memiliki keakuratan dan presisi sama.

7. Tahan Air dan Kedap Suara

Di dalam struktur bata ringan terdapat rongga-rongga udara yang berfungsi sebagai pengedap suara. Rumah atau bangunan yang berada dekat keramaian seperti di pingggir jalan besar sangat cocok memakai bata ringan sebagai dindingnya.

Bata ringan tidak hanya kedap suara, tetapi juga tahan air. Saat terjadi hujan deras dan cuaca buruk, dinding rumah akan terlindungi dari air. Hasilnya, dinding tetap awet dan tidak lembab.

8. Tahan Panas

Bukan bata ringan namanya kalau tidak punya banyak keunggulan. Dari sekian banyak keunggulan yang sudah disebutkan, satu yang harus Anda tahu bahwa bata ringan sangat tahan dengan panas.

Bata ringan merupakan beton ringan berjenis AAC yang tahan terhadap suhu tinggi. Bata ringan sangat sulit terbakar api. Jadi, ketika terjadi kebakaran, bangunan tidak mudah roboh karena terbakar.

Hendaknya, bangunan yang letaknya berada di pemukiman padat, menggunakan dinding berbahan bata ringan. Ketika terjadi kebakaran di kawasan tersebut, api tidak akan merembet ke bangunan, karena dindingnya tahan panas.

Persentase keselamatan barang atau penghuni di dalam rumah menjadi tinggi. Jadi, pemakaian bata ringan tidak hanya soal kenyamanan saja, tetapi juga yang paling penting faktor keamanannya.

9. Pengerjaan Rapi dan Bersih

Jika Anda pernah melihat hasil pengerjaan dinding bangunan yang menggunakan bata merah, hasilnya cenderung kurang rapi dan bersih.

Sangat berbeda jika yang menggunakan bata ringan sebagai bahan bakunya. Hasilnya lebih rapi dan bersih, sehingga menimbulkan kesan modern.

Kenapa hasil pengerjaan menggunakan bata ringan lebih rapi dan bersih? Alasannya terletak pada campuran bahan yang digunakan untuk memasangnya.

Bata ringan hanya memerlukan campuran semen dan air berjumlah sedikit untuk memasangnya. Saat pemasangan sudah selesai, dinding menjadi lebih rapi dan bersih.

Bahan campuranuntuk memeasangnya lebih sederhana daripada yang bata biasa gunakan. Bata biasa umumnya menggunakan bahan campuran semen, air, dan pasir. Pasir yang tercecer membuat tembok menjadi kurang beraturan dan terlihat kumuh.

Kekurangan Bata Ringan

Kekurangan Bata Ringan

Setiap ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Penggunaan bata ringan jelas punya kekurangan. Beberapa kekurangannnya antara lain:

  • Harus dikerjakan oleh tukang berpengalaman.
  • Harga sedikit di atas harga bata merah/bata biasa.
  • Hanya dijual di distributor besar atau toko tertentu.
  • Bahan baku untuk pemasangannya menggunakan mortar atau semen instan. Harganya lebih mahal dari campuran semen dan pasir.
  • Pengeringan membutuhkan waktu lama. Ketika saat pemasangan terkena hujan, bata ringan keringnya lama.

Harga Bata Ringan Surabaya Terbaru

Harga Bata Ringan Surabaya Terbaru

Bata ringan jelas memiliki keunggulan yang lebih banyak daripada kekurangannya. Sayang apabila Anda tidak menggunakan bata ringan sebagai material utama dalam membuat bangunan.

Sebelum membeli bata ringan, sebaiknya Anda harus tahu harga bata ringan Surabaya terbaru. Sebagai referensi untuk Anda, kami menyediakan daftar harga bata ringan per kubik terbaru.

  • Bata ringan merk Grand Elephant harga per kubiknya yaitu Rp 550.000
  • Bata ringan merk Priority One harga per kubiknya yaitu Rp 540.000
  • Bata ringan merk Citicon harga per kubiknya yaitu Rp 555.000
  • Bata ringan merk Bricon harga per kubiknya yaitu Rp 525.000
  • Bata ringan merk Gracon harga per kubiknya yaitu Rp 560.000
  • Bata ringan merk Focon harga per kubiknya yaitu Rp 525.000
  • Bata ringan merk Ecoblock harga per kubiknya yaitu Rp 520.000
  • Bata ringan merk ICC harga per kubiknya yaitu Rp 545.000

Harga bata ringan Surabaya yang tersedia di toko jual bata ringan Surabaya bervariasi, tergantung mereknya. Anda bisa memilih merek bata yang sesuai dengan selera.

Harga yang tertera sebanding dengan kualitas bata ringan. Dilihat dari segi manapun, penggunaan bata ringan memang lebih menguntungkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here